7 Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini - Levatra -->

6 Februari 2017

7 Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini

7 Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini

Baca juga:

7 Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini
LEVATRA.com - Bahasa Pemrograman (Programming Language) adalah bahasa dari perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengkompilasi serangkaian instruksi spesifik dan menerjemahkannya ke dalam bahasa mesin yang selanjutnya dijalankan pada komputer. Bahasa pemrograman digunakan oleh pemrogram komputer untuk membuat berbagai macam aplikasi baik untuk aplikasi desktop, website atau mobile.

Aplikasi-apliakasi yang dibuat oleh bahasa pemrograman komputer dirancang untuk membantu penggunanya agar membuat pekerjaan yang dilakukan secara manual menjadi terkomputerisasi, misalnya jika sistem penjualan awalnya mengandalkan buku tradisional maka dengan penerapan penjualan terkomputerisasi akan membuat pekerjaan mudah, efisien, data secara otomatis disimpan, dan penghematan biaya.

Dari tahun ke tahun teknologi komputer mengalami perubahan yang sangat signifikan, termasuk juga bahasa pemrogramannya. Oleh karena itu sumber daya manusianya pun harus bertambah dan berkembang sesuai dengan kemampuan komputer.

Setiap programmer komputer memiliki keahlian pada bidang yang berbeda-beda dalam membuat program komputer, dengan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi yang mereka inginkan juga sangat bervariasi.

Dibawah ini adalah tujuh bahasa pemrograman yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh programmer komputer.


7 Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan

1. Java

7 Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini

Bahasa pemrograman Java pertama kali dibuat oleh James Gosling ketika mereka bergabung dengan Sun Microsystems dan pertama kali dirilis pada tahun 1995. Java menjadi sangat populer dan banyak digunakan terutama karena kemampuannya untuk menjalankan berbagai platform komputer.

Karena fungsi yang mampu menjalankan aplikasi pada beberapa platform Java juga dikenal dengan slogannya "Write once, Run everywhere".

Java dikenal memiliki banyak library yang ada untuk membuat berbagai aplikasi baik untuk desktop, web dan juga untuk pemrograman mobile.

Syntax dalam bahasa pemrograman Java mengadopsi banyak bahasa C dan C++ yang dapat disusun dalam berbagai Java Virtual Machine (JVM) untuk menjalankan.

Karena kemampuannya untuk mempromosikan konsep OOP sangat baik untuk membuat aplikasi, maka sampai sekarang bahasa pemrograman Java masih yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh para programmer dan developer sistem komputer di seluruh dunia.

2. PHP

7 Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini

Hypertext Preprocessor atau disingkat PHP adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Bahasa bahasa pemrograman PHP menjadi bahasa pemrograman untuk membuat web yang banyak digunakan.


PHP itu sendiri menjadi begitu terkenal dan populer di kalangan programmer PHP adalah bahasa pemrograman yang sangat mudah dipelajari.

Programmer web banyak mengandalkan PHP sebagai bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi web, meskipun facebook ini dibuat dengan menggunakan PHP dan harus didukung oleh script lainnya.

3. Python

7 Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini

Python merupakan bahasa pemrograman yang muncul pada tahun 1991 yang dikembangkan oleh Python software Foundation, bahasa python yang diketahui dinamis dan dilengkapi dengan manajemen memori otomatis.

Python dapat digunakan untuk membuat berbagai penggunaan perangkat lunak dan dukungan untuk beberapa platform sistem operasi seperti Windows, Linux / Unix, Mac OSX, Symbian dan lain-lain.

Banyak programmer yang menyatakan bahwa Python adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan memiliki banyak perpustakaan dan mempromosikan konsep OOP (Object Oriented programming).

4. Visual Basic

7 Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini

Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman IDE menawarkan visual user-friendly, bahasa pemrograman dan dikembangkan untuk meninjau pembuatan Sistem Operasi Windows berbasis perangkat lunak. Visual Basic Sendiri adalah keturunan dari bahasa pemrograman BASIC.

Sebuah survei tahun 2005 menunjukkan 62% dari pengembang perangkat lunak menggunakan Visual Basic untuk pengembangan perangkat lunak di dalamnya, sehingga membuat Visual Basic sebagai bahasa pemrograman yang sangat populer.

5. C#

7 Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini

C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft dari Anders Hejlsberg yang telah lama malang melintang dalam perkembangan bahasa pemrograman komputer dan dia juga yang menciptakan bahasa pemrograman Borland Turbo Pascal, Microsoft J ++ dan Borland Delphi.

Bahasa C# dikenal untuk pemrograman modern berorientasi objek atau biasa kita kenal dengan disebut OOP (Object Oriented Programming) yang biasanya digunakan untuk membuat program di atas arisitektur Microsoft.NET Framework.

Syntax yang digunakan di C# juga memiliki kesamaan dengan bahasa Java, C dan C++. Bahasa C# dan secara luas digunakan untuk membangun berbagai aplikasi, terutama dalam aplikasi yang berjalan di desktop Windows dan layanan aplikasi berbasis web.

6. JavaScript

7 Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini

JavaScript adalah bahasa yang dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript sebelumnya sangat banyak digunakan sebagian besar dalam pengembangan web dan pemrograman web dinamis. Selain bahasa pemrogramannya yang mudah untuk dipelajari, dia juga menggunakan logika yang mudah untuk di ingat.


7. C++

7 Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini

C++ adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Evano Christian Posumah yang dikembangkan dari bahasa C pada tahun 1970. Perbedaan antara bahasa C dan C++ yaitu C adalah bahasa pemrograman prosedural, sedangkan C ++ adalah bahasa pemrograman berorientasi objek.

Bahasa pemrograman C++ mempertahankan pendahulunya yaitu bahasa C, termasuk kemampuan untuk beradaptasi dalam menangani hardware dan software antarmuka, pemrograman tingkat rendah, serta efisiensi. C ++ juga mendukung dan dapat dijalankan di semua sistem operasi utama baik Windows, Unix, Linux dan lain-lain.


Bahasa C++ secara luas digunakan untuk membuat berbagai aplikasi baik aplikasi desktop seperti menciptakan game komputer, sistem operasi, sistem kontrol dan berbagai apliksi lainnya.

Bahasa C++ dipilih para profesional developer karena dianggap untuk mengurangi kompleksitas dalam bahasa pemrograman, terutama jika kode program yang dibangun besar dan kompleks.

Penutup

Bagaimana dengan kamu, di antara ketujuh bahasa pemrograman yang populer dan paling banyak digunakan. Mudah-mudahan kamu dapat menjadi seorang programmer yang hebat menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Artikel Lainnya

0 Komentar

Apa tanggapanmu tentang artikel diatas?

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats