Tips Sukses Ngeblog Dengan SEO Menurut Algoritma Google - Levatra

10 Juni 2017

Tips Sukses Ngeblog Dengan SEO Menurut Algoritma Google

Tips Sukses Ngeblog Dengan SEO Menurut Algoritma Google

Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat itu dipengaruhi jumlah penggunanya, tidak terkecuali pengguna mesin pencari situs atau search engine. Bagi seseorang yang masih awam dengan cara kerja mesin pencarian, mungkin tidak tahu dengan bagaimana kerasnya perjuangan seorang blogger agar mencapai rating terbaik demi memposisikan blognya diperingkat atas dalam mesin pencarian dengan ketatnya persaingan.


Perkembangan ilmu mengenai mesin pencari pun terus berubah, salah satu ilmu yang mempelajari tentang hal tersebut adalah SEO (Search Engine Optimization). Ilmu tersebut selalu diperbaharui demi mengikuti perkembangan algoritma yang dipakai. Untuk itu, perlu diperhatikan tips SEO agar bisa mengikuti perkembangan tersebut.


Tips Sukses Ngeblog Dengan SEO Menurut Algoritma Google

Bagi kamu yang ingin mendapatkan posisi peringkat terbaik di mata pencarian Google, maka perlu memperhatikan beberapa poin dibawah ini.


1. Rutin Perbaharui Konten

Tips Sukses Ngeblog Dengan SEO Menurut Algoritma Google

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan rutin memperbaharui dan menambahkan konten atau artikel yang unik. Tips ini bertujuan agar blog kita terlihat aktif dan tidak basi, baik itu menurut pengunjung ataupun Google.


Jika masih bingung, kita contohkan kegiatan ngeblog itu seperti berjualan dan blog adalah tokonya. Agar jualan kita laku, maka kita harus selalu memperbaharui atau menambahkan barang yang kita jual. Tidak mungkin kita akan membiarkan toko kita berdebu hanya karena kita malas memperbaharuinya.


Tambahkan konten minimal satu artikel perhari, agar pengunjung tidak bosan.



2. Konten yang Relevan

Tips Sukses Ngeblog Dengan SEO Menurut Algoritma Google

Jika kita terlalu fokus pada satu niche (pembahasan), mungkin akan sulit untuk membuat konten yang relevan atau terkait dengan konten lainnya. Tapi justru itulah tantangan bagi seorang blogger dan disenangi oleh Google, karena memberikan konten yang saling berhubungan yang akan membuat pengunjung membaca artikel lainnya.


Tidak disarankan untuk membahas berbagai macam pembahasan yang sama sekali tidak ada hubungannya, misalkan blog kamu membahas mengenai "ilmu komputer", namun karena kehabisan ide untuk membuat artikel baru maka kamu menulis artikel mengenai "cara hidup

sehat" yang sama sekali tidak ada hubungannya.


Jangan pula membahas mengenai sesuatu yang terlalu spesifik, misal blog yang hanya membahas permainan Clash of Clans, maka disarankan untuk membahas mengenai game karena kamu dapat membahas mengenai permainan lainnya. Selain sangat susah untuk bersaing, juga sangat sulit membuat artikel baru jika sudah tidak ada yang harus dibahas walaupun kamu menguasai pembahasan tersebut.


3. Membuat Sesuatu yang Unik

Tips Sukses Ngeblog Dengan SEO Menurut Algoritma Google

Agar blog kita mudah dikenal oleh orang lain, maka kita harus menerapkan sesuatu yang unik. Unik disini berarti blog kita berbeda dengan blog orang lain, dan memiliki ciri khas yang tidak dimiliki orang lain.


Memberikan sesuatu yang unik bisa dengan cara membuat tampilan blog yang jarang atau sama sekali tidak dipakai oleh orang lain, atau bisa juga dengan gaya bahasa artikelnya yang bersahabat dengan pengunjung dan berikan sesuatu yang berbeda dengan cara yang positif.



4. Ikuti Perkembangan Informasi Terkini

Tips Sukses Ngeblog Dengan SEO Menurut Algoritma Google

Mempertahankan popularitas blog memang sangat sulit, namun banyak pula hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan selalu memperbaharui konten dengan informasi terkini. Biasanya blog yang membahas berita akan memanfaatkan apa yang sedang trendi di masyarakat.


Kini blog dengan pembahasan selain berita juga dapat memanfaatkan momen tersebut. Saat artikel ini ditulis, sedang hangatnya informasi mengenai permainan Mobile Arena yang baru dirilis dan tidak sedikit blog yang membahas gadget pun ikut meramaikan.


Buatlah konten dengan apa yang sedang viral dimasyarakat, namun tetap selalu mengutamakan pembahasan utama blog.


5. Selalu Perbaharui Informasi di Webmaster

Tips Sukses Ngeblog Dengan SEO Menurut Algoritma Google

Bagi kamu yang ngeblog di platform Blogger, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Google Webmaster Tools. Dengan adanya situs tersebut, kamu dapat dengan mudah memantau perkembangan blog di mesin pencarian Google.


Selalu periksa dan perbaharui jika terlihat sesuatu yang tidak biasa, seperti adanya kesalahan sitemap.



6. Vote 1+ di Google Plus

Tips Sukses Ngeblog Dengan SEO Menurut Algoritma Google

Kalimat "the power of social media" memang benar, bahwa media sosial itu sangat berperan penting untuk menambah popularitas blog. Salah satu media sosial yang mempengaruhi blog adalah Google Plus.


Dengan adanya Google plus, kamu dapat membagikan blog atau artikel didalam beranda Google plus. Perbaharui selalu informasi kamu di media sosial tersebut agar selalu aktif dan perbanyak teman serta bergabung dengan komunitas, yang selanjutya kamu sarankan orang lain agar memberikan nilai +1 untuk artikel yang kamu bagikan.


Kesimpulan

Untuk mendapatkan popularitas dan pengunjung diblog, maka sangat disarankan untuk memperhatikan poin-poin SEO dan beberapa poin dasar diatas juga berperan penting bagi kelangsungan blog. Selalu perbaharui blog sebagaimana kita memperbaharui barang yang kita jual ditoko agar pengunjung betah.

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Histats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *